Daun Permot Mengobati Kelelahan yang Menahun

Tumbuhan Permot

PERMOT (Passiflora foetida L.)

Sinonim :

P. baraquiniana Lem., P. hastata Bertol., P. hircina Sweet., P. nigelliflora Hook., P. polyaden Vell., P. gossypifolia Desv., P. hibiscifolia Lam., P. hirsuta Lodd., P. obscura Lindl., P. variegata Mill.

Familia :

Passifloraceae

Permot berasal dari Amerika Tropis dan di sini tumbuh liar di tempat-tempat terbuka yang mendapat cahaya matahari, seperti di semak-semak, tanah lapang yang terlantar, atau merambat di pagar. Tanaman ini bisa ditemukan pada 1–1.000 m dpl. Terna merambat dengan panjang 1,5–5 m ini mempunyai rambut putih, dengan alat pembelit yang duduk pada batang. Daun tunggal, bertangkai dengan panjang 2–10 cm, letak berseling, helaian daun bentuknya lebar, dan berlekuk menjari tiga. Ujungnya runcing, pangkal berbentuk jantung, tepi bergelombang, panjang 5–13 cm, lebar 4–12 cm, warnanya hijau. Bunga tunggal, diameter sekitar 5 cm, warnanya putih atau ungu muda. Buahnya buah buni, bulat lonjong, panjang 3–5 cm, dibungkus oleh pembalut. Biji banyak. Buah yang masak bisa dimakan dan rasanya manis. Daun muda dapat dimasak sebagai sayur.

Nama Lokal :

NAMA DAERAH Sumatera: gegambo, lemanas, remugak. Jawa: kaceprek, kileuleueur, permot, pacean, tajutan, ceplukan blungsung. Nusa Tenggara: bungan putir, moteti, buah pitri. NAMA ASING Long zhu guo (C), marie goujeat (P), lac tien, day nhan long (V), co hong tien (T), stinking passion flower, tagua passion flower, hispid granadilla (I). NAMA SIMPLISIA Passiflorae foetidae Herba (herba permot).

Kandungan Kimia :

Buah, biji, dan daun mengandung substansi yang tidak stabil, yaitu asam hidrosianat dan laktone. Buah masak mengandung Ca, P, Fe.

Permot Dapat Mengobati Penyakit :

SIFAT DAN KHASIAT Rasanya manis, agak pahit, sifatnya sejuk. Seluruh bagian herba ini berkhasiat antiradang, penenang (sedatif), peluruh kencing (diuretik), serta membersihkan panas dan racun. Buah juga berkhasiat menghilangkan nyeri (analgesik) dan memperkuat paru.

BAGIAN YANG DIGUNAKAN

Seluruh herba berikut buah dapat digunakan sebagai obat.

INDIKASI

Herba permot digunakan untuk:

– batuk karena paru-paru panas,

– radang kelenjar getah bening leher (servikal limfadenitis),

– sulit tidur (insomnia), gelisah, mimpi buruk,

– kelelahan kronis yang abnormal (neurasthenia),

– darah tinggi (hipertensi),

– bengkak (edema), kencing berlemak (chyluria), dan

– koreng, skabies, borok (ulcus) pada kaki.

CARA PEMAKAIAN

Untuk obat yang diminum, rebus herba segar sebanyak 5–15 g, lalu minum airnya.

Untuk pemakaian luar, cuci herba segar secukupnya, lalu rebus. Setelah dingin, gunakan airnya untuk mencuci borok, koreng, atau skabies. Bisa juga herba segar digiling halus sampai seperti bubur, lalu turapkan ke tempat yang sakit.

CONTOH PEMAKAIAN

Radang kelenjar getah bening leher, koreng bernanah Siapkan herba permot, akar daruju kering (Acanthus ilicifolius L.), akar daun kentut (Paederia scandens), dan herba sambiloto kering (Andrographis paniculata) masing-masing 15 g, lalu cuci dan potong-potong seperlunya. Rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum sehari dua kali, masing-masing setengah gelas.

Koreng, skabies, borok pada kaki

Rebus herba permot secukupnya, lalu setelah dingin gunakan airnya untuk mencuci bagian yang sakit. Gilingan halus herba permot juga digunakan untuk menurap di tempat yang sakit, lalu dibalut. Ganti 2-3 kali sehari. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

(Sumber : http://www.iptek.net.id)

Jika Anda berminat membeli kapsul herbal, kami menyediakan ratusan jenis obat herbal. Silakan Klik di Sini.

Tentang OBAT TRADISIONAL INDONESIA

Saya percaya bahwa obat herbal / obat tradisional Indonesia bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.
Pos ini dipublikasikan di artikel, berita, info, informasi, kesehatan, news, tanaman obat, umum dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s